Figma - Bingkai (Frame) dalam Figma

Di Figma, kita dapat menambahkan layer langsung ke Kanvas. Jika kita mendesain untuk perangkat atau ukuran layar tertentu, kita mungkin ingin membuat wadah untuk desain kita. Di sinilah frame (bingkai) masuk.
Jika kita pernah menggunakan alat desain sebelumnya, kita akan terbiasa dengan artboards. Seperti artboard, frame memungkinkan kita memilih area kanvas untuk membuat desain kita.
Tidak seperti artboard tradisional, kita juga dapat membuat frame di dalam frame lain. Hal ini memungkinkan untuk membuat desain yang lebih kompleks.
Frame juga memberi kita akses terhadap beberapa fungsionalitas tambahan, seperti: Layout Grids, Auto Layout, Constraints, dan Prototyping.
Membuat frame
Buat frame di kanvas menggunakan frame tool. Ada beberapa cara untuk memilih frame tool:
- Gunakan pintasan keyboard FatauA
- Pilih frame tool pada toolbar:
Kemudian kita dapat membuat berbagai ukuran frame di kanvas:
- Klik di kanvas untuk membuat frame default dengan dimensi 100 x 100
- Klik dan seret di kanvas untuk membuat frame dengan dimensi khusus
- Gunakan tarik-turun di bilah sisi kanan untuk memilih preset frame.
- Pilih preset untuk perangkat populer dan template aset:
- Telepon
- Tablet
- Desktop
- Presentasi
- Jam tangan
- Kertas
- Media sosial
- Komunitas Figma
- Arsip
- Klik panah untuk memperluas bagian dan pilih preset dari daftar.
- Pilih preset untuk perangkat populer dan template aset:
Identifikasi frame pada Panel Layer.

Tip! kita juga dapat membuat frame di sekitar objek yang ada, apakah itu lapisan tunggal atau lapisan pilihan. Gunakan pintasan keyboard pemilihan frame:
- MacOS :⌥ Option ⌘ Command G
- Windows : Ctrl+ Alt_G
Properti frame
Ada beberapa properti yang terkait dengan frame.
- Radius Sudut: Bulatkan sudut frame untuk menciptakan tepi yang lebih lembut.
- Konten Klip: Sembunyikan objek apa pun di dalam frame yang melampaui batas frame.
- Layout Grids: Buat panduan untuk membantu struktur visual desain kita.
- Tata Letak Otomatis: Buat Frame dinamis yang merespons kontennya
- Fill: Menerapkan Solid Fill, Gradient, Images (PNG, JPEG, GIF, TIFF dan WEBP) ke Frame.
- Stroke: Tambahkan goresan ke Frame untuk membuat batas atau garis besar
- Efek: Tambahkan bayangan atau buram ke Frame
Fungsionalitas ekstra
Frame memungkinkan kita mengakses fungsionalitas tambahan di Figma. Kita perlu menggunakan Frames untuk menggunakan fitur atau fungsi berikut:
- Layout Grids: Menerapkan grid transparan, kolom, dan/atau baris ke Frames untuk memberikan struktur visual
- Constraints: Menentukan bagaimana objek anak merespons saat kita mengubah ukuran Frame. Terapkan Batasan ke objek dalam Frame.
- Tata Letak Otomatis: Menambahkan Tata Letak Otomatis ke Frame untuk membuat tata letak dinamis yang merespons kontennya
- Pembuatan Prototipe: Memuat prototipe interaktif yang bergerak di antara Frame di Kanvas kita
Frame adalah objek induk. Hal ini berarti bahwa frame dapat mengontrol atau memengaruhi objek apa pun yang kita tempatkan di dalamnya.
Menyesuaikan properti frame
Pada versi lama, dimungkinkan untuk menyesuaikan properti objek anak saat kita memilih Frame. Sekarang, kita dapat menyesuaikan properti frame itu sendiri.
- Pilih objek anak dengan menggunakan pintasan keyboard: Enter atau Return
- Tekan tombol Tab untuk memilih saudara berikutnya.
- Tekan Shift+ Tab untuk memilih saudara sebelumnya.
- Tekan Shift+ Enter untuk memilih orang tua
Jika kita ingin menyesuaikan properti fill dan stroke dari frame dan turunannya, kita bisa menggunakan Warna pilihan untuk melihat atau menyesuaikan warna dalam pilihan campuran.
Menambahkan frame di dalam frame lain
Di Figma, kita dapat membuat frame di dalam frame lain. Proses ini disebut bersarang. Ini memungkinkan kita untuk menggabungkan frame dengan properti yang berbeda untuk membangun antarmuka yang kompleks.
Cara ini menciptakan hierarki atau hubungan baru:
- Frame tingkat atas: Frame apa pun yang langsung berada di kanvas. Agar frame menjadi frame tingkat atas, kita tidak dapat menumpuknya di dalam frame, grup, atau objek lain.
- Frame bersarang: Setiap frame yang ditempatkan di dalam frame lain. kita dapat menempatkan frame di dalam frame tingkat atas, atau di dalam frame bersarang lainnya. Frame bersarang adalah orang tua dan anak.
- Anak-anak: Objek apa pun yang ada di dalam frame.
Frame tingkat atas
Figma menebalkan frame tingkat atas di Panel Lapisan dan menunjukkan nama setiap frame tingkat atas di kanvas:

Frame bersarang
Frame bersarang adalah frame yang kita tempatkan di dalam frame atau objek lain. Ini menjadikan mereka sebagai orang tua dan anak. kita dapat menempatkan frame di dalam:
- Frame tingkat atas
- Frame bersarang lainnya
- Dalam kelompok
Dalam contoh kami di bawah ini, masing-masing elemen berada dalam bingkainya sendiri. Kita memiliki status bar di bagian atas dan menu navigasi di bagian bawah. Kita juga memiliki kartu yang mencantumkan rincian Tiket Mendatang.
Menggunakan salah satu preset perangkat yang sudah disediakan, kita dapat membuat frame tingkat atas untuk elemen kita. Kita dapat menambahkan elemen kita ke frame tingkat atas untuk membuat satu layar di aplikasi seluler kita.

Mengubah ukuran frame
Kita dapat berinteraksi dengan frame seperti objek lain di kanvas, termasuk mengubah ukuran atau skala frame. Ada beberapa cara untuk mengubah ukuran Frame:
Tarik frame
Seret untuk mengubah ukuran frame secara manual.
- Pilih frame di kanvas, atau Panel Lapisan di bilah sisi kiri.
- Klik pegangan di salah satu sudut dan seret untuk mengubah ukuran. Atau, klik salah satu tepi dan seret.
Tip! Untuk mengabaikan Batasan apa pun pada objek anak, tahan tombol pengubah: macOS:⌘ Command, Windows: Ctrl
Mengubah pengaturan frame
Pilih preset frame lain untuk mengubah ukuran frame.
- Pilih frame.
- Di Panel Properti di bilah sisi kanan, pilih bidang frame.
- Pilih preset dari daftar.
- Pilih preset untuk perangkat populer dan template aset:
- Telepon
- Tablet
- Desktop
- Jam tangan
- Kertas
- Media sosial
- Komunitas Figma
- Figma akan memperbarui dimensi frame kita agar sesuai dengan preset.
Panel Properti
Perbarui Lebar dan Tinggi Frame menggunakan Panel Properti di bilah sisi kanan.
Masukkan nomor baru di bidang W dan H, atau arahkan kursor ke ikon untuk menggosok bidang. Seret ke kiri untuk mengurangi dan ke kanan untuk menambah.
Alihkan tombol tautan di sebelah Width dan Height untuk membatasi pengubahan ukuran ke proporsi saat ini.

Tip! kita dapat menggunakan bidang dimensi untuk melakukan penghitungan. Ini memungkinkan kita untuk dengan cepat menskalakan atau mengubah ukuran objek.
- % Persentase misalnya 50%
- + Tambahkan misalnya +100
- - Kurangi, misalnya -20
- * Kalikan, misalnya *4
- / Bagilah, misalnya /8
Tidak mungkin mengalikan lebar atau tinggi dengan persentase mis. *50% akan menghasilkan nilai 50x dari aslinya, bukan 50%.
Ubah ukuran agar Sesuai
kita dapat mengubah ukuran Frame sehingga menyusut atau tumbuh agar sesuai dengan objek turunannya. Ini akan menggambar ulang Frame di sekitar batas terluar objek di dalamnya.
- Gunakan pintasan keyboard:
- macOS: ⌥ Option Shift ⌘ Command R
- Jendela:
- Klik di sudut kanan atas Panel Properti
Comments