Google Classroom

Begini Cara Membuat Quiz / Ujian pada Google Classroom Menggunakan Google Forms

Bismillaah,

Imbas dari virus Covid-19, institusi-institusi pendidikan maupun perkantoran di beberapa daerah di Indonesia mulai melakukan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) maupun kerja dari rumah (work from home atau WFH). Untuk keperluan pembelajaran jarak jauh, kita dapat memanfaatkan beberapa layanan daring yang tersedia secara luas di internet, salah satunya Google Classroom. Lalu bagaimana caranya membuat penugasan berupa quiz atau ujian di Google Classroom?

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat quiz/ujian di Google Classroom dengan memanfaatkan Google Forms. Nilai otomatis bisa ditarik.

Google Classroom + Google Forms untuk Quiz atau Ujian

Untuk kebutuhan Quiz atau Ujian daring, Anda dapat memanfaatkan Google Classroom dan Google Forms secara bersamaan. Caranya begini:

  1. Pada Google Classroom, buka bagian Classwork di salah satu kelas kemudian buat postingan baru dengan tipe “Quiz assignment”. Secara otomatis Google Classroom akan membuatkan item baru di Classwork termasuk sebuah berkas Google Forms kosong di dalamnya;
  2. Perhatikan bagian toggle "Grade Importing", pastikan toggle ini aktif, agar nilai yang didapat oleh mahasiswa ketika selesai mengerjakan Quiz dapat langsung diimpor ke penilaian di Google Classroom.
  3. Selanjutnya klik berkas Google Forms tersebut, Anda akan dibawa ke halaman Google Forms. Di sana Anda dapat mulai membuat Quiz atau ujian berdasarkan materi kelas yang Anda ampu.

    Terdapat beberapa tipe pertanyaan yang bisa Anda gunakan, diantaranya multiple choice (pilihan ganda). Biasanya tipe ini digunakan untuk pertanyaan yang pasti memiliki 1 jawaban benar. Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan yang memiliki jawaban lebih dari 1, Anda dapat menggunakan tipe checkbox.

    Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan Image attachment pada pertanyaan maupun pada jawaban. Sehingga pertanyaan tidak terlalu monoton.
  4. Pergilah ke bagian Settings, di sana Anda dapat mengatur konfigurasi untuk quiz tersebut. Misalnya, Anda dapat mengatur apakah Quiz ini dapat diisi berulang atau hanya sekali. Atau Anda juga dapat mengatur apakah nilai hasilnya bisa langsung diketahui mahasiswa atau nanti setelah Anda cek ulang keseluruhan. Hal ini akan sangat bergantung pada kebutuhan penilaian Quiz yang Anda berikan.

Untuk membantu Anda dalam mencoba, Anda dapat melihat video berikut sebagai visualisasinya.

 
Membuat quiz di Google Forms melalui Google Classroom

Mungkin Anda bertanya, kenapa harus menggunakan Google Classroom, padahal bisa saja langsung membuat quiz atau ujian di Google Forms? Jawabannya adalah, dengan membuat quiz di Google Forms melalui Google Classroom, Anda dapat mengimpor nilai peserta didik yang telah melaksanakan quiz atau ujian ke penilaian yang telah disediakan oleh Google Classroom. Tentunya ini akan memudahkan pendidik untuk merekap penilaian peserta didiknya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam,

MSNI

Comments

Related posts