Tutorial Blender

Tutorial Blender 2.9

Blender 2.90.1

Bismillah,

Semester baru ini saya diamanahi untuk mengampu mata kuliah Animasi 2D dan 3D di Prodi Sistem Informasi Sekolah Vokasi Unpak. Sebagai alat untuk membantu pelaksanaan praktikumnya saya memilih untuk menggunakan Blender. Artikel ini menjadi titik awal seri artikel tutorial mengenai Blender. Versi yang akan digunakan dalam artikel ini dan kedepannya adalah 2.9, walaupun 2.83 merupaka versi LTS (Long Terms Support). Kita akan lihat apa sih Blender itu.

Blender

Blender Logo

Berdasarkan website dokumentasi Blender, Blender merupakan perangkat lunak pembantu pembuatan pemodelan objek dan animasi 3D dengan yang berlisensi Free & Open-Source (FOSS). Artinya selain dapat digunakannya secara free, kita juga dapat mengakses basis kode dari perangkat lunak ini secara terbuka. Sehingga jika kita mampu, kitabisa berkontribusi untuk pengembangannya.

Beberapa fitur kunci yang dimiliki oleh Blender adalah, dia merupakan paket perangkat lunak pembuatan konten 3D yang terintegrasi penuh, termasuk untuk keperluan animasi 2D (melalui Grease Pencil). Selain itu, Blender menawarkan berbagai fungsionalitas lainnya yang tidak kalah penting bagi industri kreatif, seperti: Modeling, Rendering, Animation & RIgging, Video Editing, VFX (Visual Effect), Compositing, Texturing, dan banyak fungsionalitas simulasi lainnya.

Blender juga dapat digunakan di berbagai platform sistem operasi dengan GUI yang seragam di semua platform, karena menggunakan OpenGL (dan dapat disesuaikan dengan penambahan skrip berbasis Python). Selain itu, dukungan komunitas pengguna Blender juga cukup aktif, dan sebagai perangkat lunak berlisensi FOSS, tentunya hal tersebut sangat penting.

Instalasi Blender

Hingga saat ini Blender sudah mencapai versi 2.90.1 dengan LTS berada di versi 2.83. Instalasi Blender sangatlah mudah seiring sifatnya yang portabel–dapat dijalankan di manapun, termasuk di stik USB. Dengan demikian, dia tidak memerlukan instalasi khusus maupun koneksi internet. Anda dapat mengunduh paket instalasinya di https://www.blender.org/download, unduhlah sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Berikut adalah spesifikasi kebutuhan perangkat keras untuk menginstal Blender.

MinimumDirekomendasikanOptimal
64-bit dual core 2Ghz CPU with SSE2 support64-bit quad core CPU64-bit eight core CPU
4 GB RAM16 GB RAM32 GB RAM
1280×768 displayFull HD displayFull HD displays
Mouse, trackpad or pen+tabletThree button mouse or pen+tabletThree button mouse and pen+tablet
Graphics card with 1 GB RAM, OpenGL 3.3Graphics card with 4 GB RAMGraphics card with +12 GB RAM
Less than 10 year old

Untuk instalasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah instalasi sesuai dengan sistem operasi yang digunakan berikut:

Referensi

Comments